UNIK..!! di Lombok Membersihkan Lantai dengan Kotoran Sapi

Rumahparket.org - Keunikan di Lombok membersihkan lantai rumah dengan kotoran sapi agar mengkilap.

Keunikan cara membersihkan lantai rumah dengan kotoran sapi ini datang dari warga suku Sasak di Desa Sade, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Warga disana biasa membersihkan lantai rumah dengan kotoran sapi.

Menjijikan memang tapi anehnya tidak tercium bau kotoran sapi. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mencampur kotoran Sapi atau Kerbau yang masih baru dengan tanah liat lalu digosokkan ke lantai.

Setelah itu didiamkan beberapa jam hingga mengering,setelah mengering aroma kotoran Sapi atau Kerbau akan hilang dengan sendirinya dan lantai menjadi mengkilap. Biasanya warga suku Sasak di Lombok Tengah ini membersihkan lantai dengan kotoran Sapi sebulan sekali.

Warga Desa Sade sangat memegang teguh peninggalan leluhur mereka. Atap rumah terbuat dari tumpukan alang-alang dan lantainya langsung dari tanah tidak menggunakan keramik pada umumnya.

Rumah mereka saling berdekatan dan terbuat dari kayu. Pintunya dibuat lebih pendek dari ukuran orang dewasa agar setiap siapa saja yang masuk harus menundukan kepala. Artinya setiap yang masuk harus sopan santun ketika masuk ke rumah orang.

Karena keunikannya,desa ini menjadi tempat tujuan wisata.